Bagi sebagian orang, ngeblog dijadikan sebagai profesi untuk mencari uang. Mereka adalah para pengeblog atau blogger profesional. Diukur dari sisi penghasilan, tentunya blogger profesional jauh lebih banyak penghasilannya daripada blogger amatir.
Salah satu cara sederhana membuktikannya adalah kita bisa mengumpamakan pesepak bola profesional dengan pesepak bola amatir. Siapa yang penghasilannya lebih besar? Terlepas dari itu, apa syarat menjadi blogger profesional?
Setelah mencari di Google dan di beberapa blog luar negeri, akhirnya saya menyarikan 11 syarat menjadi blogger profesional. Di bawah ini adalah kesebelas syarat tersebut.
1. Waktu. Blogger profesional harus memiliki waktu mengelola blognya. Bukan hanya penting untuk membuat postingan bagus, waktu juga penting untuk berinteraksi dengan blogger lain, mengumpulkan informasi, melakukan riset online, blog walking, dan sebagainya.
Kok bisaShoeMoneyngeblog hanya kurang 1 jam tiap harinya, sementara penghasilannya ratusan ribu dolar per bulannya? Menurut saya, ini karena jam terbang. Saya yakin saat pertama merintis karirnya dia menghabiskan banyak waktu untuk mengelola blognya.
2. Keahlian. Blogger profesional harus memiliki keahlian (kepakaran) di topik yang dipilihnya. Misalnya, bila ia memilih topik afiliasi, maka dia harus ahli di bidang tersebut. Selain dipercaya pembacanya, ia juga punya autoritas di bidang tersebut. Yang perlu dicatat, keahlian ini hasil dari belajar berkesinambungan (continuous learning).
3. Minat terhadap topik yang dipilih. Dengan minat, semua aktivitas akan menyenangkan.
4. Kemampuan menulis. Blogger profesional harus memiliki kemampuan menulis yang baik dilihat dari tata bahasa, alur cerita tulisan, dan kemudahan tulisannya dimengerti pembaca. Kemampuan ini tidak harus sebaik sastrawan atau pujangga, minimal tulisannya dipahami pembaca.
5. Pengetahuan teknis ngeblog. Disukai atau tidak, blog itu berbasis content management software. Blogger profesional harus memiliki kemampuan dasar mengenai database, transfer domain, script, plugin, dan lain-lain.
6. Pengetahuan ngeblog. Blogger profesioanal harus tahu dasar-dasar ngeblog antara lain bagaimana menggunakan trackback, ping, SEO, social bookmarking, twitter, RSS feed, face book, podcast, you tube, dan autoresponder.
7. Kemampuan mendesain blog. Desain blog sangat penting terhadap kesuksesan blog. Tentunya konten adalah rajanya. Namun, desain blog yang unik, cepat diakses, dan sistem navigasi yang informatif, akan membuat kesan pertama yang menggoda bagi pengunjungnya. Oleh karena itu, blogger profesional sudah selayaknya mengetahui dasar-dasar HTML, CSS, dan optimisasi blog.
8. Pengetahuan bisnis/marketing. Blogger profesional harus memiliki kemampuan bisnis dan cara memasarkannya. Semakin baik memasarkan blog atau produknya, semakin besar peluang mendapat trafik dan uang. Secara sederhana, blogger profesional harus punya pola pikir pebisnis.
9. Kreatif dan Inovatif. Kreatif artinya memiliki daya cipta, sementara inovatif adalah menemukan hal baru. Kreatif dan inovatif akan membuat blogger profesional mampu membuat tulisan berkualitas, menemukan cara baru untuk mempromosikan blog atau produk, dan menemukan cara baru monetisasi.
10. Memiliki jaringan (network). Prinsip sederhananya, blogger profesional memiliki hubungan baik dengan blogger lain. Terlebih hubungan baik dengan blogger papan atas. Tentunya, hubungan ini bersifat win-win solution (tidak ada yang dirugikan). Misalnya saling mendukung dalam kontes SEO
11. Kemampuan berkomunikasi. Blogger profesional setidaknya mengerti bahasa Inggris karena postingan bermutu dari blogger top yag ditulis dalam bahasa Inggris atau mungkin saja berinteraksi dengan blogger luar negeri.
Wah, ternyata banyak juga ya syarat menjadi blogger profesional. Bila memungkinkan, dalam 5 tahun ke depan saya juga ingin menjadi blogger profesional. Selain bisa tinggal di kota besar yang koneksi internetnya baik, saya juga bekerja untuk diri sendiri. Saya karyawannya, saya juga bosnya.
Namun, untuk saat ini, saya memilih dulu menjalani pekerjaan sekarang sebagai karyawan karena beberapa pertimbangan. Bagaimana dengan Anda, apakah ada keinginan menjadi blogger profesional?

Baca Selanjutnya....


Ada banyak cara mendapat dolar dari blog. Saking banyaknya, mungkin saja Anda bingung memilih cara mana yang terbaik bagi Anda. Namun, jangan khawatir, di bawah ini ada 4 cara mendapat dolar yang bisa dicoba bagi blog yang notabene pemula dalam urusan mendapat dolar dari blog. Keempat cara ini sedang saya coba, karena memang saya pemula. Sekadar catatan, keempat cara ini memfokuskan pada cara mendapat dolar, bukan pada cara mendapat banyak dolar dari blog.
Seperti kita ketahui, banyak sekali blog bertopik tips ngeblog (blog blogging). Topik ini berupa tips membuat solid content, meningkatkan trafik, dan tips monetasi. Saya mencoba mencari informasi siapa yang terbaik di antara blog-blog blogging tersebut. Akhirnya, dari sebuah blog luar negeri saya menemukan daftar 25 blog terbaik. Blog mana saja itu?
Sebagai informasi singkat, Darren Rowse adalah pemilik Problogger yang merupakan blog peringkat pertama dari 25 blog blogging terbaik Adapun Shoemoney dikenal sebagai jagoan Google adsense dan afiliasi marketing.

Menjadi pengeblog (blogger) sukses merupakan dambaan kita sebagai pengeblog pemula. Tak heran kita sering melakukan tips-tips ngeblog dari para pengeblog sukses dalam atau luar negeri. Selain tips-tips tersebut, menurut saya, kita juga bisa belajar dari kebiasaan mereka. Apa saja kebiasaan-kebiasaan para pengeblog tersebut dalam mencapai kesuksesannya?Sebelum mengetahui kebiasaan tersebut, ada baiknya kita diskusikan dulu kriteria (ukuran) pengeblog sukses. Dengan mengetahuinya, setidaknya kita akan ada di jalur yang benar dalam mewujudkan dambaan sebagi pengeblog sukses.
Pemiliknya adalah Mark Frauenfelder, seorang penulis dan ilustrator. Mark pernah bekerja sebagai kolumnis bulanan “living online” di majalah Play Boy selama 3 tahun.
Pemilik blog adalah Jeremy Schoemaker, pria berkepala plontos asal Amerika Serikat yang berpenampilan eksentrik.
Pemilik: Josh Marshall. Mantan reporter politik yang menjadi full-time blogger.
Pemiliknya Mario Lavandeira. Simak kata-katanya ini, “Advertisers come to me because I get a lot of traffic. I get a lot of traffic because I work hard”.
Pemiliknya adalah Jake Dobkin. “Advertisers like the demographics: young, educated, and often wealthy readers. A real draw for the city-based sites is the ability to target online ads geographically. It’s a benefit that some of the other independent publishers or blog networks can’t offer,” Dobkin says.
Pemiliknya adalah Michael Arrington. “Our advertisers are people who want to reach a tech audience and an early-adopter audience. It’s a targeted audience that spends a lot of money,” Arrington says.
Pemiliknya adalah Pete Cashmore. “Now it’s more than a full-time job. Bloggers don’t get much sleep,” he says
Pemiliknya Darren Rowse. Ia sering dijuluki Bapaknya para blogger yang make money blogging. Dengan bantuannya (dibahas dan mempersilakan para blogger menjadi guest blogger di blognya), banyak blogger yang menjadi terkenal (misalnya Yaro Starak, Chris Garret) dan meraup ribuan dolar per bulannya.


















“Emang kalau alexa rank-nya naik mau diapain ini blog? Blog berbahasa Indonesia percuma aja dioptimize, gak potential buat dimonetize…”












