Free Automatic Backlink Powered by FeedBurner
Protected by Copyscape Web Plagiarism Checker

Minggu, 23 Agustus 2009

11 Syarat Menjadi Pengeblog Profesional

Bagi sebagian orang, ngeblog dijadikan sebagai profesi untuk mencari uang. Mereka adalah para pengeblog atau blogger profesional. Diukur dari sisi penghasilan, tentunya blogger profesional jauh lebih banyak penghasilannya daripada blogger amatir.

Salah satu cara sederhana membuktikannya adalah kita bisa mengumpamakan pesepak bola profesional dengan pesepak bola amatir. Siapa yang penghasilannya lebih besar? Terlepas dari itu, apa syarat menjadi blogger profesional?

Setelah mencari di Google dan di beberapa blog luar negeri, akhirnya saya menyarikan 11 syarat menjadi blogger profesional. Di bawah ini adalah kesebelas syarat tersebut.

1. Waktu. Blogger profesional harus memiliki waktu mengelola blognya. Bukan hanya penting untuk membuat postingan bagus, waktu juga penting untuk berinteraksi dengan blogger lain, mengumpulkan informasi, melakukan riset online, blog walking, dan sebagainya.

Kok bisaShoeMoneyngeblog hanya kurang 1 jam tiap harinya, sementara penghasilannya ratusan ribu dolar per bulannya? Menurut saya, ini karena jam terbang. Saya yakin saat pertama merintis karirnya dia menghabiskan banyak waktu untuk mengelola blognya.

2. Keahlian. Blogger profesional harus memiliki keahlian (kepakaran) di topik yang dipilihnya. Misalnya, bila ia memilih topik afiliasi, maka dia harus ahli di bidang tersebut. Selain dipercaya pembacanya, ia juga punya autoritas di bidang tersebut. Yang perlu dicatat, keahlian ini hasil dari belajar berkesinambungan (continuous learning).

3. Minat terhadap topik yang dipilih. Dengan minat, semua aktivitas akan menyenangkan.

4. Kemampuan menulis. Blogger profesional harus memiliki kemampuan menulis yang baik dilihat dari tata bahasa, alur cerita tulisan, dan kemudahan tulisannya dimengerti pembaca. Kemampuan ini tidak harus sebaik sastrawan atau pujangga, minimal tulisannya dipahami pembaca.

5. Pengetahuan teknis ngeblog. Disukai atau tidak, blog itu berbasis content management software. Blogger profesional harus memiliki kemampuan dasar mengenai database, transfer domain, script, plugin, dan lain-lain.

6. Pengetahuan ngeblog. Blogger profesioanal harus tahu dasar-dasar ngeblog antara lain bagaimana menggunakan trackback, ping, SEO, social bookmarking, twitter, RSS feed, face book, podcast, you tube, dan autoresponder.

7. Kemampuan mendesain blog. Desain blog sangat penting terhadap kesuksesan blog. Tentunya konten adalah rajanya. Namun, desain blog yang unik, cepat diakses, dan sistem navigasi yang informatif, akan membuat kesan pertama yang menggoda bagi pengunjungnya. Oleh karena itu, blogger profesional sudah selayaknya mengetahui dasar-dasar HTML, CSS, dan optimisasi blog.

8. Pengetahuan bisnis/marketing. Blogger profesional harus memiliki kemampuan bisnis dan cara memasarkannya. Semakin baik memasarkan blog atau produknya, semakin besar peluang mendapat trafik dan uang. Secara sederhana, blogger profesional harus punya pola pikir pebisnis.

9. Kreatif dan Inovatif. Kreatif artinya memiliki daya cipta, sementara inovatif adalah menemukan hal baru. Kreatif dan inovatif akan membuat blogger profesional mampu membuat tulisan berkualitas, menemukan cara baru untuk mempromosikan blog atau produk, dan menemukan cara baru monetisasi.

10. Memiliki jaringan (network). Prinsip sederhananya, blogger profesional memiliki hubungan baik dengan blogger lain. Terlebih hubungan baik dengan blogger papan atas. Tentunya, hubungan ini bersifat win-win solution (tidak ada yang dirugikan). Misalnya saling mendukung dalam kontes SEO

11. Kemampuan berkomunikasi. Blogger profesional setidaknya mengerti bahasa Inggris karena postingan bermutu dari blogger top yag ditulis dalam bahasa Inggris atau mungkin saja berinteraksi dengan blogger luar negeri.

Wah, ternyata banyak juga ya syarat menjadi blogger profesional. Bila memungkinkan, dalam 5 tahun ke depan saya juga ingin menjadi blogger profesional. Selain bisa tinggal di kota besar yang koneksi internetnya baik, saya juga bekerja untuk diri sendiri. Saya karyawannya, saya juga bosnya.

Namun, untuk saat ini, saya memilih dulu menjalani pekerjaan sekarang sebagai karyawan karena beberapa pertimbangan. Bagaimana dengan Anda, apakah ada keinginan menjadi blogger profesional?







Baca Selanjutnya....

4 Cara Mendapat Dolar dari Blog

dolar dari blogAda banyak cara mendapat dolar dari blog. Saking banyaknya, mungkin saja Anda bingung memilih cara mana yang terbaik bagi Anda. Namun, jangan khawatir, di bawah ini ada 4 cara mendapat dolar yang bisa dicoba bagi blog yang notabene pemula dalam urusan mendapat dolar dari blog. Keempat cara ini sedang saya coba, karena memang saya pemula. Sekadar catatan, keempat cara ini memfokuskan pada cara mendapat dolar, bukan pada cara mendapat banyak dolar dari blog.

1. Program Afiliasi

Pada dasarnya program ini menawarkan produk, baik barang maupun jasa. Umumnya, pihak pemiliki produk akan membayar pemilik blog dengan sistem bagi hasil berdasarkan prosentase produk yang terjual. Salah satu Ccntohnya adalah afiliasi amazon.

2. Program paid review

Mekanismenya sebagai berikut: pemilik blog mendaftarkan blognya kepada suatu broker paid review. Bila disetujui, pemilik blog itu akan diberi tugas membuat review di blognya mengenai produk dari klien broker tersebut. Contoh broker paid review adalah reviewme, blogsvertise, sponsoredreview, dan payperpost.

3. Iklan langsung

Pemilik blog menyediakan ruang tempat banner dipasang bagi para pengiklan. Bila si pengiklan tertarik memajang iklannya, maka dia harus membayar sejumlah dolar yang ditetapkan oleh si pemilik blog.

4. Program dibayar per klik

Pemilik blog harus mendaftar dan disetujui oleh broker adsense. Selanjutnya pemilik blog akan dibayar berdasarkan click through rate dan click per cost dari suatu iklan yang tampil di blognya. Pemain terbesar program ini adalah Google dengan layanannya berupa Google Adsense. Shoemoney bisa meraup ratusan ribu dolar dari program ini.



Baca Selanjutnya....

25 Blog Blogging Terbaik

Ilustrasi blog Seperti kita ketahui, banyak sekali blog bertopik tips ngeblog (blog blogging). Topik ini berupa tips membuat solid content, meningkatkan trafik, dan tips monetasi. Saya mencoba mencari informasi siapa yang terbaik di antara blog-blog blogging tersebut. Akhirnya, dari sebuah blog luar negeri saya menemukan daftar 25 blog terbaik. Blog mana saja itu?

Faktor Penilaian

Daftar 25 blog terbaik ini diranking berdasarkan faktor Google page rank, peringkat Alexa, jumlah pelanggan Blogline, dan autoritas Technorati. Masing-masing faktor bernilai 1-10, di mana 10 merupakan nilai tertinggi. Dengan demikian, nilai maksimum keempat faktor adalah 40.

Bagaimana kisaran nilai keempat faktor tersebut? Silakan lihat di bawah ini.

  • Google Page Rank (1-10): ditentukan oleh Google.
  • Peringkat Alexa (1-10) : ditentukan berdasarkan Alexa Rank. Nilai 1 diberikan bila alexa rank-nya 150.000, sementara nilai 10 bila alexa rank-nya 50.000 atau lebih kecil.
  • Pelanggan blogline (1-10): nilai 10 bila pelangggannya 200 atau lebih.
  • Autoritas Technorati (1-10): ditentukan berdasarkan ranking Technorati. Nilai 10 diberikan jika ranking technorati-nya 600.

25 Blog Terbaik

Berdasarkan faktor penilaian di atas, berikut ini daftar 25 blog terbaik. Untuk menghemat ruang, saya membuat singkatan: page rank (PR), bloglines (B’lines), dan technorati (Tc’rati).

Daftar 25 Blog Blogging Terbaik

Peringkat

Nama Blog

PR

Alexa

B’lines

Tc’rati

Total

1

Problogger

6

10

10

10

36

2

Copyblogger

6

9

10

10

35

3

John Chow

6

10

6

10

32

4

Quick Online Tips

6

8

10

6

30

5

Daily Blog Tips

5

8

7

9

29

6

Lorelle on Wordpress

6

8

6

9

29

7

Dosh Dosh

4

9

5

9

27

8

Performancing

7

8

1

10

26

9

Weblog Tools Collection

6

9

5

6

26

10

Blog Herald

6

7

4

9

26

11

Blogging Pro

6

7

4

8

25

12

Successful-Blog

6

6

4

8

24

13

JohnTP

6

8

3

7

24

14

Engtech

6

6

2

7

21

15

Bloggers Blog

6

3

6

5

20

16

Andy Beard

5

7

2

6

20

17

ChrisG

5

6

4

4

19

18

Converstations

5

3

5

6

19

19

The Wrong Advices

5

4

1

5

15

20

Business Blog Wire

6

2

2

4

14

21

Alister Cameron

5

4

1

4

14

22

Blog About Your Blog

4

5

1

4

14

23

Blogtrepreneur

5

3

1

4

13

24

I Help You Blog

4

3

2

2

11

25

Build A Better Blog

6

1

3

1

11

Baca Selanjutnya....

Darren Rowse Melawan Shoemoney

Banyak blogger sukses dari luar negeri dengan penghasilan ribuan dolar tiap bulannya. Tak heran, mereka masing-masing sering diwawancarai perihal tips suksesnya. Jawabannya pun bervariasi. Lalu, bagaimana jawaban 2 blogger sukses bila diwawancarai dengan pertanyaan yang sama?

Daily Blog Tips telah melakukan wawancara tersebut 2 tahun lalu. Salah satu contohnya adalah Darren Rowse melawan Jeremy Schoemaker (Shoemoney).

darren rowse photoSebagai informasi singkat, Darren Rowse adalah pemilik Problogger yang merupakan blog peringkat pertama dari 25 blog blogging terbaik Adapun Shoemoney dikenal sebagai jagoan Google adsense dan afiliasi marketing.ShoeMoney Photo

Dengan asumsi akan memberi wawasan atau inspirasi bagi kita, di bawah ini saya tampilkan hasil wawancara kedua blogger sukses tersebut.

No

Pertanyaan

Darren Rowse

Shoemoney

1

Sudah berapa lama Anda ngeblog?

4.5 tahun

1.5 tahun

2

Apakah Anda memulainya dengan tujuan mencari uang?

Tidak

Tidak

3

Berapa banyak blog yang Anda punyai atau tulis sekarang?

3 blog

1 blog

4

Berapa jam dalam sehari Anda untuk ngeblog?

2 jam

<>

5

Memanfaatkan Digg atau StumbleUpon?

Digg dan StumbleUpon

Digg

6

Berapa banyak dolar yang Anda peroleh dari blog tiap bulannya?

5 digit dolar

$10,000

7

Apa sumber utama penghasilan Anda?

Chitika dan AdSense

Iklan langsung

8

Berapa banyak RSS Feed yang Anda baca setiap harinya?

666

10

9

Seringkah menggunakan uang untuk berpromosi?

Jarang

Ya

10

Apakah Anda menggunakan Black Hat SEO?

Tidak

Tergantung tujuan

11

Di blog siapa Anda ingin membuat tulisan?

LifeHacker

Blog sendiri

Baca Selanjutnya....

25 Blog SEO Terbaik

seo images

Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu faktor penting dalam mendatangkan pengunjung ke blog. Tak heran banyak blog yang membahahas teknik SEO (blog SEO). Nah, blog-blog mana saja yang disebut terbaik dari sekian banyak blog SEO itu? Di bawah ini saya senaraikan 25 blog SEO terbaik. Dengan mengetahuinya, Anda bisa mengunjunginya sehingga Anda bisa lebih banyak mengetahui seluk beluk SEO.

Seperti 25 blog blogging terbaik, kriteria penilaian didasarkan kepada Google page rank, peringkat Alexa, jumlah pelanggan Blogline, dan autoritas Technorati. Masing-masing faktor bernilai 1-10, di mana 10 merupakan nilai tertinggi. Nah, tanpa harus panjang lebar, di bawah ini tabel 25 blog SEO terbaik. Untuk menghemat ruang, saya membuat singkatan: page rank (PR), bloglines (B’lines), dan technorati (Tc’rati).

Tabel 25 Blog SEO Terbaik

No

Nama Blog

PR

Alexa

B’lines

Tc’rati

Total

1

Search Engine Land

7

10

9

10

36

2

SEOBook

6

10

10

10

36

3

SEO Moz

5

10

10

10

35

4

Matt Cutts

7

10

8

10

35

5

Search Engine Watch

7

10

10

7

34

6

Search Engine Roundtable

7

10

8

8

33

7

Search Engine Journal

7

8

9

8

32

8

Online Marketing Blog

6

7

7

10

30

9

Pronet Advertising

7

7

5

10

29

10

Marketing Pilgrim

7

8

6

8

29

11

SEO Chat

6

10

4

6

26

12

Search Engine Guide

7

8

4

6

25

13

SEO Blackhat

6

8

6

5

25

14

Stuntdubl

6

6

6

6

24

15

Graywolf’s SEO

6

7

4

7

24

16

SEO by the SEA

6

4

5

5

20

17

Link Building Blog

5

5

5

4

19

18

Jim Boykin

5

6

4

4

19

19

SEOpedia

6

5

4

4

19

20

DaveN

6

5

4

4

19

21

Bruce Clay

5

7

3

3

18

22

Blue Hat SEO

4

6

3

4

17

23

Tropical SEO

5

5

3

4

17

24

SEO Refugee

5

6

1

3

15

25

Small Business SEM

5

4

3

3

15

Seperti yang saya sebutkan di atas, silakan Anda kunjungi langsung blog-blog tersebut untuk memperkarya wawasan SEO Anda. Maaf, link-nya tidak tersedia di postingan ini. Anda searching saja melalui google ya :D

Baca Selanjutnya....

7 Kebiasaan Pengeblog Sukses

B

dolar dari ngeblogMenjadi pengeblog (blogger) sukses merupakan dambaan kita sebagai pengeblog pemula. Tak heran kita sering melakukan tips-tips ngeblog dari para pengeblog sukses dalam atau luar negeri. Selain tips-tips tersebut, menurut saya, kita juga bisa belajar dari kebiasaan mereka. Apa saja kebiasaan-kebiasaan para pengeblog tersebut dalam mencapai kesuksesannya?Sebelum mengetahui kebiasaan tersebut, ada baiknya kita diskusikan dulu kriteria (ukuran) pengeblog sukses. Dengan mengetahuinya, setidaknya kita akan ada di jalur yang benar dalam mewujudkan dambaan sebagi pengeblog sukses.

Kriteria Pengeblog Sukses

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi ketiga karangan W.J.S Poerwadarminta), sukses berati berhasil. Dengan berdasarkan arti tersebut, menurut saya, pengeblog sukses adalah pengeblog yang berhasil dalam membuat postingan yang berguna, meningkatkan trafik (pengunjung), melakukan preselling (pra penjualan), dan memonetisasi blognya. Keempat faktor ini umumnya dinilai dari page rank Google, ranking alexa, jumlah pembaca (pelanggan), ranking technorati, dan jumlah penghasilan per bulannya.

Bila Anda ingin tahu blog-blog papan atas yang memenuhi 4 dari 5 penilaian di atas, ada baiknya Anda membaca tulisan saya mengenai 25 blog blogging terbaik dan 25 blog SEO terbaik.

Kebiasaan Pengeblog Sukses

Menurut John Chow dalam ebooknya Make Money Online With John Chow dot Com, setidaknya ada 7 kebiasaan yang dilakukan para pengeblog sukses, yaitu:

1. Mereka mempublikasikan postingan secara konsisten. Pengertian konsisten di sini artinya memposting satu tulisan per hari, 3 tulisan per minggu, 1 tulisan per minggu, atau lebih dari satu postingan per harinya.

2. Mereka menyukai topik ngeblognya. Misalnya pengeblog yang memilih topik mobil, ia menyukai hal-hal yang terkait mobil karena hobinya, bidang yang dipelajari, atau keahliannya.

3. Mereka berinteraksi dengan pembacanya. Bentuk interaksi ini antara lain menjawab komentar, menerima kritikan, membalas email pembaca, dan mengunjungi blog pengunjungnya.

4. Mereka tidak pelit memberikan link. Artinya mereka bertukaran link dengan peblog lain yang setopik atau memberikan track back pada tulisan pengeblog lain yang mereka pandang berguna. Kedua hal ini dilakukan tanpa memandang page rank. John Chow sendiri mengaku melink-kan blognya yang berpage rank 6 kepada ribuan blog berpage rank 0.

5. Mereka tahu cara mencitrakan diri. Citra diri artinya tidak mengcopy paste tulisan orang lain, dan jujur.

6. Mereka menulis dengan baik. Artinya mereka menulis sesuai tata bahasa, gaya bahasa mudah dimengerti, alur penulisan tiap kalimat dan paragraf jelas, dan tidak salah ketik.

7. Mereka membaca blog lain yang diminatinya. Blog lain ini bisa berupa blog terkenal ataupun blog yang belum terkenal. Indikasi membaca ini dilakukan dengan mengunjungi langsung atau menjadi pelanggan RSS feed blog tersebut. Tujuan membaca tersebut salah satunya sebagai upaya pembelajaran yang terus menerus.

Itulah 7 kebiasaan pengeblog sukses yang layak kita tiru. Saya sendiri meniru kebiasaan-kebiasaan tersebut untuk mencapai sasaran pertama blog ini yaitu membuat postingan yang berguna. Bagaimana dengan Anda?

Baca Selanjutnya....

9 Kesalahan Ngeblog yang Wajib Dihindari

Seperti kita ketahui, di dunia ini berlaku hukum berpasangan: siang-malam, pria-wanita, gembira-sedih, dan sebagainya. Bila hukum ini kita kaitkan dengan dunia ngeblog, salaih satu contohnya adalah ada pengeblog sukses, ada juga pengeblog yang tidak sukses. Menurut John Chow, ketidaksuksesan ini setidaknya dipengaruhi 9 kesalahan dalam ngeblog. Oleh karenanya, menurut saya, 9 kesalahan ini wajib kita hindari bila kita ingin menjadi pengeblog sukses. Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut?

1. Tidak meng-up date blog

John Chow menyebut bahwa blog yang tidak di-up date adalah blog mati. Misalnya, seseorang yang rajin memposting beberapa postingan dalam satu bulan. Namun, satu bulan kemudian orang tersebut tidak meng-up datenya lagi. Bagaimana solusinya?

Blogger sukses berpenghasilan puluhan ribu dolar per bulannya ini menyarankan kita untuk konsisten meng-up date blog sesuai kemampuan kita. Jika kita mampu memposting satu tulisan per hari, kita harus komitmen melakukannya per hari. Namun, jika kita hanya mampu memposting satu tulisan per minggu, kita harus komitmen juga melakukannya tiap minggu.

2. Ngeblog semata-mata hanya untuk uang

Saat terkenal, blog dipenuhi iklan dan tulisan paid review tanpa memberikan informasi yang dibutuhkan pengunjung. Menurut Chow, pengunjung blog umumnya tidak suka dengan begitu banyaknya iklan dan tulisan paid review. Solusinya, kita harus menempatkan kedua jenis monetisasi tersebut secara proporsional (seimbang) sehingga pembaca blog kita tidak merasa terganggu.

3. Tergesa-gesa mempublikasikan tulisan

Setelah mengetik tulisan, seorang pengeblog tergesa-gesa menekan tombol publish tanpa membaca ulang (memeriksa) tulisan tersebut. John Chow menyarankan kita memeriksa sekurangnya dua atau tiga kali tulisan yang akan di-publish untuk menghindari salah ketik, alur penulisan yang tidak mengalir antar paragraf, dan link yang putus (broken link).

4. Tidak memasukkan opini pribadi

Menurut Chow, sebuah blog bukan surat kabar atau majalah online. Pengunjung akan tertarik membaca kalau tulisan tersebut ada opini si pengeblog. Misalnya, dalam postingan ini saya mengabarkan 9 kesalahan dalam ngeblog. Opini saya: “menurut saya 9 kesalahan ini wajib kita hindari bila kita ingin menjadi pengeblog sukses”

5. Meng-copy paste tulisan orang lain

Selain tidak etis, kegiatan ini tidak mencerminkan kreativitas dan keunikan diri sendiri. Menurut Chow, kita bisa membuat tulisan yang sama dengan topik postingan orang lain. Namun, sekali lagi kita harus memberikan opini kita dengan kata-kata kita sendiri.

6. Tidak membalas komentar pengunjung

Suatu blog adalah sarana komunikasi 2 arah yaitu antara pemiliknya dengan pengunjungnya. Ketika pengunjung blog berkomentar, Chow menyarankan: “please answer them”.

7. Tidak memberikan RSS Feed seutuhnya

Hanya memberikan ringkasan RSS feed. Pengalaman John Chow menunjukkan bahwa setelah ia memberikan RSS Feed seutuhnya, jumlah pelanggannya meningkat dua kali lipat.

8. Tidak menjangkau blog lain

Menurut Chow, tidak menjangkau ini seperti tidak memberi komentar di blog lain, tidak memberi tukaran link, tidak mau mengasih track back pada tulisan blog lain, dan tidak bergabung pada komunitas MyBlogLog blog lain yang setopik.

9. Menulis untuk mesin pencari

Tulisan yang dibuat hanya difokuskan untuk menempati urutan atas mesin pencari, bukan untuk pengunjung. Akibatnya, tulisan tersebut dipenuhi oleh tebaran kata kunci yang berlebihan.

Itulah 9 kesalahan dalam ngeblog yang saya tahu dari e-book John Chow (Make Money Online With Jhon Chow dot Com). Saya komitmen menjalankannya untuk mencapai target 6 bulan pertama ngeblog.

Tentunya masih ada kesalahan-kesalahan lain, namun saat ini saya belum mengetahuinya. Bila sudah mengetahuinya, saya akan mempostingkannya, siapa tahu bermanfaat bagi kita semua. Atau, bila Anda tahu kesalahan lain di luar 9 kesalahan di atas, sebaiknya tuliskan saja dalam komentar di bawah sehingga saya atau yang lain tahu. Akhir kata, selamat ngeblog buat semuanya.

Baca Selanjutnya....

10 Nama Domain Termahal

Ringkasan ini tidak tersedia. Harap klik di sini untuk melihat postingan.

Baca Selanjutnya....

9 Target Pertama yang Disarankan Darren Rowse untuk Para Pemula

Semua manusia punya target. Blogger juga manusia, makanya saya percaya semua blogger punya target, baik target bisnis maupun nonbisnis (sekadar hobi). Target ini bisa ditetapkan berdasarkan pengalaman sendiri, inspirasi dari kesuksesan blogger lain, atau saran dari blogger top.

Salah seorang blogger top yang memberikan saran itu adalah Darren Rowse. Dalam postingannya pada 17 Juli 2009 lalu, blogger asal Australia yang pelanggan RSS-nya mencapai 110 ribu ini menyarankan 9 target pertama untuk para blogger pemula. Apa saja target-target yang disarankan Darren Rowse tersebut?

Sembilan target itu adalah sebagai berikut. Bila Anda punya waktu, Anda bisa juga mengecek sumber aslinya di 9 First Step Goals for New Bloggers

  1. Publikasikan 10 postingan
  2. Dapatkan komentar pertama dari seseorang yang belum Anda kenal
  3. Dapatkan link pertama dari blogger lain
  4. Dapatkan 20 pembaca setiap harinya
  5. Peroleh 20 pelanggan RSS
  6. Blog Anda terindeks di Google
  7. Dapatkan $1 per minggu (bagi blogger pemula yang make money blogging)
  8. Menjadi blogger tamu (guest blogger) di blog milik orang lain
  9. Memiliki seseorang (bukan Anda atau keluarga Anda) yang men-tweet blog Anda.

Dareen Rowse juga menambahkan bahwa target lain bisa berupa men-setting blog Anda. Ini bisa berupa memilih theme atau template yang cocok, memasang statistik blog, dan lain-lain. Catatan lain dari dia adalah kesembilan target ini harus ditingkatkan bila sudah tercapai.

Sesuaikah target saya?

Saya terkejut ketika membaca postingan tersebut. Soalnya, target pertama saya sebagai blogger pemula adalah mencapai alexa 100 ribu dalam 6 bulan.

Darren Rowse tentunya tidak sembarangan meyarankan 9 target pertama tersebut. Semua blogger yang make money blogging paham betul kredibilitas Darren Rowse. Tak heran pelanggannya mencapai 110 ribu.

Pertanyaannya, sudah sesuaikah target pertama saya dengan target-target yang disarankan Darren Rowse. Saya iseng-iseng menganalisisnya. Tabel dibawah ini adalah hasilnya.

Baca Selanjutnya....

Apa Bekal Anda dalam Mendapatkan Uang Lewat Blog?

Mendapatkan uang lewat blog (make money blogging) merupakan salah satu motivasi yang dimiliki sebagian blogger. Saya membuat Blogodolar atas motivasi itu juga, selain berbagi pengalaman, bertukar pendapat, belajar bersama, dan menumbuhkan persahabatan dengan para blogger lain. Kelima motivasi itu saya rangkum dalam satu kalimat pendek: Suka - Suka Berusaha How To Be Rich and Happy

Namanya juga perjalanan, saya sadar bahwa jarak yang ditempuh biasanya jauh, sehingga mungkin saja saya memerlukan ribuan langkah untuk menggapainya. Namun, saya percaya ribuan langkah ini dimulai dengan langkah pertama (journey of a thousand steps begin with first step). Selain itu, dalam menempuh perjalanan ini tentunya saya harus memiliki bekal.

Di bawah ini adalah 4 bekal saya :

  1. Gembira (enjoy) menjalaninya. Sesuatu yang dilakukan secara enjoy tentunya akan membuat saya bersemangat.
  2. Biaya. Biaya ini terutama untuk membeli domain dan menyewa hosting. Terkait hosting, saya sudah menyewa hosting di Blue Host (provider hosting yang berlokasi di Amerika Serikat) selama 2 tahun.
  3. Kerja keras, konsisten, dan sabar.
  4. Tidak terburu-buru memonetisasi blog. Dalam 6 bulan pertama, saya fokus pada membuat “good content” dan meningkatkan trafik.

Bagaimana dengan Anda? Apa bekal Anda dalam make money blogging? Mohon sharing pengalamannya ya. Anyway, happy blogging for all.

Baca Selanjutnya....

2 Cara Sederhana Memilih Nama Blog

Apalah arti sebuah nama, begitu kata seorang pujangga besar luar negeri. Saya tidak sependapat dengannya. Bagi saya, nama itu penting karena nama merupakan salah satu citra diri. Bisa saja nama itu membawa hoki, lucu, dan sebagainya. Misalnya, nama belakang saya adalah Is. Barangkali kebetulan, nama belakang saya tersebut mirip dengan nama belakang penemu, namun mungkin jika didengar saja :D

Begitu pula dengan nama blog. Nama blog merupakan hal penting yang harus diperhartikan. Selain memudahkan blogger lain saat bertukaran link, nama blog menunjukkan tujuan pembuatan blog tersebut (blog pribadi atau blog bisnis). Di bawah ini adalah 2 cara sederhana memilih nama blog. Anda bisa menerapkannya pada blog Anda atau blog baru yang akan Anda buat.

1. Pilih nama nama blog yang ada kaitannya dengan nama domain.

  • Misalnya bila nama domain Anda blogpemula.com. Karena Anda ingin menembak kata kunci make money online, lalu Anda menamainya Make Money Online. Gak nyambung kan?

Akan lebih baik bila Anda menamainya seperti ini: Tips Ngeblog Bagi Pemula. Adapun kata kunci yang ingin dioptimisasi, Anda bisa mengoptimisasinya di bagian title dan meta descriptions.

  • Bila Anda bukan orang terkenal dan nama domain Anda adalah nama Anda, lebih baik blog Anda dinamai dengan nama yang ada kaitannya dengan nama domain tersebut.

Misalnya, nama domain Anda adalah bangtoyib.com. Nama yang cocok adalah Blognya Bang Toyib, Catatan Bang Toyib, Bang Toyib’s Blog, Tips ala Bang Toyib, Bang Toyib Berbagi, dan sebagainya.

Pengecualian bila Anda orang terkenal. Pada kasus ini, Anda bisa membuat nama blog yang tidak berkaitan dengan nama domain. Ini karena pengunjunglah yang akan mencari Anda. Sebagai contoh, Tung Desem Waringin akan membuat blog mengenai Tips marketing. Dia bisa membuat domain dengan namanya, namun nama blognya bisa saja seperti ini: Blog Revolusi Marketing

2. Jadikan nama domain sebagai nama blog.

Contohnya blog milik Darren Rowse. Nama domainnya adalah problogger.net, adapun nama blognya adalah Problogger.

Anda ingin menambahkan dua cara sederhana di atas? Tuliskan saja ya di bagian komentar. Happy blogging buat semuanya :D

Baca Selanjutnya....

8 Blog yang Menghasilkan Uang Milyaran Per Tahun

Blog dapat menghasilkan uang milyaran rupiah. Demikian menurut laporan Business Week yang menampilkan 13 blogger sukses. Walaupun dipublikasikan 2 tahun lalu, saya berpendapat laporan ini masih berguna dan siapa tahu bisa menjadi inspirasi, terutama bagi Anda yang ingin menjadi blogger profesional.

Dari 13 blog yang disebutkan majalah bisnis online terkemuka itu, saya memilih 8 blog yang menghasilkan uang satu milyar rupiah atau lebih per tahunnya. Selain itu, kedelapan blog sukses ini juga memiliki jumlah pengunjung harian yang mencengangkan.

Inilah kedelapan blog tersebut beserta profil singkatnya.

1. BoingBoing

Mark FrauenfelderPemiliknya adalah Mark Frauenfelder, seorang penulis dan ilustrator. Mark pernah bekerja sebagai kolumnis bulanan “living online” di majalah Play Boy selama 3 tahun.

Didirikan January, 2000
Penghasilan > Rp 1 Milyar per tahun
Topik Komik, fiksi ilmiah, komputer, dan teknologi
Trafik 22 juta page views dan 2,6 juta unique visitors (pengunjung blog yang berasal dari 1 alamat IP tertentu) per bulan
Update 20-40 postingan per hari dengan 4 penulis bayaran
Sumber penghasilan Iklan dengan tarif US $ 350 per minggu (button kecil), iklan banner $ 2000 – $ 3000 untuk minimum 170,000 impresi

Wow iklannya mahal banget, trafiknya pun hampir 1 juta page views per hari. Luar biasa bro :D

2. ShoeMoney

Shoemoney dengan cek adsense senilai $120,000Pemilik blog adalah Jeremy Schoemaker, pria berkepala plontos asal Amerika Serikat yang berpenampilan eksentrik.

Didirikan Oktober 2005
Penghasilan $12,000 per bulan (setara Rp 1,4 milyar per tahun)
Topik Make money online
Trafik 20,000 unique visitors per hari
Sumber penghasilan Produk sendiri, AuctionAds, dan Adsense

Busyet deh, jumlah pengunjung 20,000 per hari. Hebat tenan…

3. talkingpointsmemo.com

talking poin memoPemilik: Josh Marshall. Mantan reporter politik yang menjadi full-time blogger.

Didirikan November 2000
Penghasilan $54,000 per bulan (setara Rp 5,4 milyar per tahun)
Topik Politik
Trafik 500,000 page views per minggu
Sumber penghasilan Iklan, afiliasi

Memang doi wartawan, jadi pintar menulis untuk mencari uang :D

4. perezhilton.com

Perez Hilton dengan Victoria BeckhamPemiliknya Mario Lavandeira. Simak kata-katanya ini, “Advertisers come to me because I get a lot of traffic. I get a lot of traffic because I work hard”.

Didirikan September 2004
Penghasilan $110,000 per bulan (setara Rp 13,2 milyar per tahun)
Topik Gosip selebriti
Update 20 postingan per hari
Trafik 4 juta unique visitors per hari
Sumber penghasilan Iklan (1 banner bertarif $13,000 per hari)

Perez Hilton memang blog selebriti dunia. Pemiliknya pun menjadi selebriti. Bahkan, dia menjadi juri dalam pemilihan Miss America 2009 lalu. Pokok’e, rossooo…rossooo

5. Gothamist

Jake DobkinPemiliknya adalah Jake Dobkin. “Advertisers like the demographics: young, educated, and often wealthy readers. A real draw for the city-based sites is the ability to target online ads geographically. It’s a benefit that some of the other independent publishers or blog networks can’t offer,” Dobkin says.

Didirikan Januari 2003
Penghasilan $50,000 per bulan (setara Rp 6 milyar per tahun)
Topik Dinamika kota New York, seni, makanan, events, dan 7 kota-kota metropolitan dunia
Update 20-25 postingan per hari (lebih dari 5 penulis)
Trafik 7 juta page views per bulan
Sumber penghasilan Iklan

Luar biasa, dengan hanya memuat berita-berita seputar kota New York bisa mendapat uang milayaran. Kalau saya bikin blog yang topiknya seputar Sumedang tempat beta dilahirkan, laku gak ya? :D

6. TechCrunch

Michael ArringtonPemiliknya adalah Michael Arrington. “Our advertisers are people who want to reach a tech audience and an early-adopter audience. It’s a targeted audience that spends a lot of money,” Arrington says.

Didirikan Juni 2005
Penghasilan $200,000 per bulan (setara Rp 24 milyar per tahun)
Topik gear, mobile technology, and sites
Trafik 5 juta page views per bulan
Sumber penghasilan Iklan (button kecil tarifnya $300 dan banner $ paling kecil $1,000 per minggu) dan job board

Mahal benar iklannya, gak mungkin deh Blogodolar beriklan di sana. Anyway, salut buat TechCrunch yang pelangggan RSS-nya mencapai 2,935,000 (per 3 Agustus 09). Gubrakkkk…

7. Mashable

Pete CashmorePemiliknya adalah Pete Cashmore. “Now it’s more than a full-time job. Bloggers don’t get much sleep,” he says

Didirikan Juli 2005
Penghasilan $166,000 per bulan (setara Rp 19,9 milyar per tahun)
Topik trend of mashups
Trafik 4 juta page views per bulan
Sumber uang utama Iklan teks (tarifnya $100 per minggu) dan banner (tarifnya $2,000 per minggu)

Memang blogger harus banyak begadang, sedikit tidur biar seperti Mashable tuh :D

8. Problogger

Darren RowsePemiliknya Darren Rowse. Ia sering dijuluki Bapaknya para blogger yang make money blogging. Dengan bantuannya (dibahas dan mempersilakan para blogger menjadi guest blogger di blognya), banyak blogger yang menjadi terkenal (misalnya Yaro Starak, Chris Garret) dan meraup ribuan dolar per bulannya.

Didirikan November 2004
Penghasilan $100,000 per tahun (setara Rp 1 milyar)
Topik Make money online dan make money blogging
Up date 1-2 postingan per hari
Trafik 1,5 juta pengunjung per bulan
Sumber uang utama Chitika, Google AdSense, Text Link Ads, dan Amazon Associates.

Salut buat Darren yang rendah hati dan mumpuni di bidangnya.

Opini Saya

Dari kesuksesan kedelapan blog tersebut, saya memiliki dua opini berikut ini:

  • Trafik merupakan faktor penting dalam monetisasi blog. Semakin tinggi trafik, semakin besar peluang uang yang didapat.
  • Topik (niche) gosip selebriti merupakan ladang basah untuk menghasilkan uang. Terlepas dari kontroversi, topik ini memang sangat disukai banyak orang. So, gosip, gosip, gosip…semakin digosok semakin sip :D

  • semakin sip :D

Baca Selanjutnya....

3 Alasan Mengapa Blogger Tamu Menguntungkan

Ini adalah postingan pertama dari 3 postingan saya mengenai topik blogger tamu (guest blogger). Tujuan dari pembuatan serial postingan ini adalah berbagi pengalaman saya saat menjadi blogger tamu di Blogguebo. Semoga saja pengalaman yang sedikit ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menjadi blogger tamu di blog berbahasa Indonesia. Atau, setidaknya ini menambah wawasan bagi Anda yang saat ini belum mau menjadi blogger tamu.

Sebelum ke aspek teknis penulisan, saya berpikir bahwa kita harus mengetahui dulu alasan mengapa blogger tamu itu menguntungkan, baik bagi pemilik blog, pembaca, dan blogger tamu sendiri. Di bawah ini adalah ketiga alasan tersebut.

1. Keuntungan bagi blogger tamu. Keuntungan ini antara lain:

  • Limpahan trafik. Biasanya blog yang menyediakan kesempatan menjadi blogger tamu adalah blog yang populer dengan trafik dan pelanggan RSS mengagumkan. Dengan menjadi blogger tamu di blog tersebut, blogger tamu memperoleh peluang mendapatkan limpahan trafik dari pembaca blog tersebut.
  • Meningkatkan reputasi. Dengan menjadi blogger tamu, setidaknya ia mendapat pengakuan dan dikenal lebih luas oleh blogger-blogger lain.
  • Mendapat backlink berkualitas. Sejauh yang saya amati, blog yang menyediakan ruang bagi blogger tamu adalah blog berpage rank lebih dari 3 dengan link dofollow. So, backlink seperti ini tentunya “menyehatkan” bagi blog.
  • Menjalin jejaring (network) dengan pemilik blog. Network ini bisa berupa kerja sama di masa mendatang atau bahkan bisa mewawancarainya.

2. Keuntungan bagi pemilik blog. Keuntungannya antara lain memperoleh tulisan bermanfaat dari blogger lain, meningkatkan rasa memiliki blognya oleh para pembacanya (umumnya yang menjadi blogger tamu adalah pembaca loyalnya atau pelanggan RSS-nya), memberikan kesempatan ngetop bagi blogger lain, dan tentunya beramal dengan backlink yang diberikannya.

3. Keuntungan bagi pembaca.Adanya sudut pandang lain dan adanya tips baru dari blogger tamu

Itulah 3 alasan mengapa blogger tamu menguntungkan. Dalam postingan berikutnya saya akan menginformasikan tips jitu menjadi blogger tamu.

Jika Anda merasa tips-tips tersebut bermanfaat, ada baiknya Anda berlangganan Blogodolar RSS Feed atau berlangganan via email (form kanan atas atau di bawah postingan ini). 100 % gratis alias tanpa modal bro :D

Baca Selanjutnya....

17 Pengubah Dunia Online Paling Top

Aktivitas ngeblog sangat terbantu oleh adanya sarana online seperti mesin pencari, browser, Facebook, Twitter, bahasa pemrograman, penyedia afiliasi, situs jejaring dan bookmarking sosial, Youtube, Technorati, dan sebagainya. Tahukah Anda siapa saja orang dibalik terciptanya dan kesuksesan sarana online tersebut?

Inilah 17 orang dibalik kesuksesan tersebut. Merekalah para pengubah dunia online yang membuat dunia online semakin semarak, menarik, lebih menantang, dan tentunya sumber penghasil uang yang besar. Ketujuh belas orang ini saya urutkan berdasarkan abjad nama depan mereka


1. Bob Parsons

Bob ParsonBob Parsons mulanya dikenal sebagai pencipta MoneyCounts yaitu sebuah sofware akunting rumahan yang dirilis tahun 1984. Setelah melebarkan sayap ke sofware religi (Bible-searching, Christia clip art, dll), dia menjual perusahaannya tersebut ke Intuit pada tahun 1994.

Parsons kembali ke bisnis internet pada tahun 1997 dengan mendirikan Go Daddy yaitu registrar domain dan firma hosting web. Sejak itu, Go Daddy merupakan pemain dominan di industri tersebut dan merupakan registrar terbesar di dunia sampai saat ini.

2. Chad Hurley

Chad HurleyChad Hurley adalah desainer grafis yang membuat logo PayPal. Saat bekerja di perusahaan “loket online” ini, ia berteman dengan Steve Chen dan Jawed Karim. Mereka memutuskan keluar dan membentuk hosting video online yaitu YouTube.

Sebagai CEO YouTube, Hurley sukses mengembangkan perusahaan tersebut hingga akhirnya dibeli oleh Google seharga US $ 1,65 Milyar pada 2006 lalu.

3. David Filo

david filoDavid Filo mendirikan Yahoo! pada 1995 bersama mitranya Jerry Yang. Di perusahaannya ini ia menjabat Chief Yahoo yang bertanggung jawab aspek teknis Yahoo!.

Bersaman timnya, ia sukses melakukan inovasi dalam meningkatkan iklan, paltform, dan infrastruktur.



4. David Sifry


david sifryDavid Sifry adalah pendiri Technorati. Seperti diketahui, Technorati sebuah mesin pencari yang mengindeks lebih dari 120 juta blog di seluruh dunia, melacak statistik link dan trafik blog-blog tersebut, dan merankingnya.

Seratus blog terbaik hasil perankingan ini dikenal sebagai Technorati Top 100.

5. Evan William

Evan WilliamsEvan William adalah pencipta Blogspot bersama Meg Hourihan. Seperti diketahui, blogspot merupakan salah satu platform blog gratis yang banyak digunakan di dunia.

Pada tahun 2003, platform ini dibeli oleh Google dan dikembangkan lebih lanjut.



6. Jack Dorsey

Jack DorseyJack Dorsey adalah pencipta Twitter yaitu layanan micro-blogging dan jejaring social gratis yang setiap tweetnya berjumlah 140 karakter. Majalah Business Week menyebutnya sebagai “Best and Brightest in Technology”. Sementara itu, Technology Review yang dipublikasikan oleh MIT (perguruan tinggi papan atas di Amerika Serikat) menempatkan Dorsey sebagai TR35, yaitu penemu luar biasa yang berusia di bawah 35 tahun.



7. James Gosling

james goslingJames Gosling adalah pengembang software dan penyandang gelar doktor di bidang Ilmu Komputer. Ia bekerja di Sun Microsystem sebagai wakil direktur.

Di sinilah ia menciptakan bahasa pemrograman Java yang berperan penting dalam perkembangan web site dan blog.



8. Jeff Bezos

jeff bezosJeff Bezos adalah pendiri Amazon, situs terbesar penjual buku, DVD, CD, video game, mainan anak-anak, music, dan peralatan elektronik. Selain itu, situs ini juga merupakan salah satu lahan afiliasi favorit webmaster di seluruh dunia. Salah satu kesuksesan lain dari Amazon adalah menciptakan Alexa yang merupakan salah satu ranking trafik yang banyak digunakan di seluruh dunia.




9. Jerry Yang

jerry yangIa adalah salah satu pendiri Yahoo!. Ia merupakan salah salah satu orang terkaya dunia.

Jerry disebut-sebut sebagai orang yang berperan penting dalam menolak tawaran Microsoft yang hendak membeli Yahoo! Senilai US $ 45 milyar. Mungkin saja ini karena intuisi bisnis dia yang ingin terus mengembangkan Yahoo!



10. Kevin Rose

kevin roseKevin Rose adalah pendiri Digg.com yaitu situs bookmarking sosial terpopuler saat ini. Ia mendirikan Digg dengan investasi beberapa ribu dolar saja pada 2004, namun sekarang diperkirakan situs itu berharga milyaran dolar AS.

Atas kesuksesannya itu, wajahnya pernah terpampang di sampul depan majalah Business Week pada April 2006 lalu.

11. Larry Page

larry pageSelain pendiri Google, Larry Page adalah pencipta perankingan situs dan blog yaitu Page Rank. Bersama Brin, Larry Page merupakan tokoh sentral di balik kesuksesan Google.

Tak heran mereka menjadi yang pertama sebagai 50 Most Important People on the Web versi PC Magazine.



12. Mark Zuckerberg

mark zuckerbergMark Zuckerberg adalah CEO dan pendiri Facebook. Seperti kita ketahui, Facebook adalah situs jejaring sosial paling populer saat ini yaitu Facebook. Penggunanya dari mulai kaula muda sampai kaula tua. Selain itu, Facebook disebut-sebut juga sebagai “jembatan penghubung” antar orang yang sudah lama tidak bertemu.

Dengan kesuksesan Facebook ditambah suntikan dana US $ 246 juta dari Microsoft (1,6 % saham), dia menjadi salah seorang pemuda terkaya dunia.

13. Matt Cutts

matt cuttsMatt Cutts adalah engineer software yang bekerja di Google sebagai kepala Webspam Team. Dialah orang yang menciptakan Google Webmaster Tools.

Selain itu, yang membantu para webmaster memahami Page Rank, memberantas spam, dan informasi up date page rank melalui blognya.



14. Matt Mullenweg

matt mullenwegMatt Mullenweg adalah pendiri Wordpress, sofware blogging yang paling banyak digunakan di dunia sekarang ini. Selain itu, dia juga mendirikan The Global Multimedia Protocols Group, menciptakan Akismet (sofware penangkap komentar spam), dan Automattic.

Keberhasilannya itu membawanya menjadi PC World’s 50 Most Important People on the Web pada tahun 2007.

15. Meg Whitman

meg whitmanMeg Whitman adalah presiden dan CEO eBay dari Maret 1998 sampai Maret 2008. Di bawah pimpinannya, eBay menjadi terdepan dalam bisnis lelang online. Dia jugalah yang berperan penting dalam mengakuisisi PayPal pada 2003 dan Skype pada 2005.

Pendapatan bersihnya dari ketiga bisnis tersebut diperkirakan mencapai US $ 1 Milyar. Tak heran, perempuan brilian ini beberapa kali menjadi Time’s 100 most important people.

16. Mitchell Baker

mitchell bakerMitchell Baker adalah pendiri Mozilla Foundation dan Mozilla Coroporation yang menciptakan browser Mozilla Firefox (sebuah browser paling banyak digunakan saat ini). Kesuksesannya ini mengantarkannya menjadi 100 Orang Terpenting versi Majalah Time 2005.





17. Sergey Brin

sergey brinPria kelahiran Rusia yang menjadi salah satu pemuda terkaya di dunia adalah pendiri Google bersama teman kuliahnya (Larry Page). Seperti kita ketahui, Google merupakan situs pencari yang paling banyak digunakan sekarang ini.

Selain itu, Google juga tersohor dengan Googgle Adsense-nya. Program inilah yang memberikan kebangkitan luar biasa bagi dunia online pasca runtuhnya gedung WTC akibat ulah teroris pada 2002 lalu.

Itulah 17 orang yag mampu mengubah dunia online. Semoga ini memberikan inspirasi dan wawasan bagi Anda.

Baca Selanjutnya....

Blog Berbahasa Indonesia Berpeluang Mendapatkan Uang Banyak


“Emang kalau alexa rank-nya naik mau diapain ini blog? Blog berbahasa Indonesia percuma aja dioptimize, gak potential buat dimonetize…”

Begitulah komentar dari salah satu pengunjung yang mengomentari tulisan saya mengenai Alexa Rank bulan Juli meningkat 4 kali lipat. Sesungguhnya saya bingung menjawab pertanyaan tersebut karena saya belum memiliki pengalaman menghasilkan uang, baik dari blog berbahasa Indonesia maupun blog berbahasa Inggris.

Entah beruntung atau kebetulan, saya akhirnya menemukan jawabannya (setidaknya wacana) dari salah satu postingan terbaru Yaro Starak, salah seorang blogger ngetop asal Australia.

Yaro Starak menyatakan sebagai berikut:

Over the years I’ve been asked many times by new bloggers who are coming from non-English speaking backgrounds whether they should attempt to start a blog in English, even though English is not their first language, or focus their blog on their native tongue.

Although the answer to this question varies depending on the market and languages involved, in general I tell people to go with the language they are strongest in, especially if they are going to write their blog themselves. In fact, I believe many non-English markets represent a huge untapped opportunity,…

Terjemahan bebasnya:

Lebih setahun lalu saya ditanya beberapa kali oleh para blogger baru yang berlatar belakang non-bahasa Inggris mengenai apakah mereka harus mulai membuat blog berbahasa Inggris meskipun bahasa Inggris bukan bahasa pertamanya, ataukah fokus pada blog mereka yang berbahasa pribumi.

Meskipun jawaban pertanyaan ini bergantung pada pasar dan bahasa yang digunakan, secara umum saya mengatakan mereka untuk melakukannya dengan bahasa yang mereka kuasai, terlebih bila mereka menulis sendiri blognya. Faktanya, saya percaya pasar non-bahasa Inggris menunjukkan peluang sangat besar…

Saya setuju dengan pendapat Yaro Starak tersebut. Nah, cara apa yang menurut Yaro Starak dapat digunakan untuk memperoleh uang dari blog non-bahasa Inggris?

Silakan Anda baca lebih lanjut di Non-English Markets Are Ripe With Opportunity. Kalau sempat, beri komentar ya, sekadar meninggalkan jejak seperti yang saya lakukan :D

Baca Selanjutnya....